Business Model
Model
bisnis merupakan gambaran pemikiran tentang bagaimana sebuah
organisasi menciptakan,
memberikan, dan menangkap nilai-nilai - baik itu ekonomi, sosial, ataupun aspek lainnya. model bisnis menjadi salah satu konsep paling menonjol di antara konsep-konsep manajemen lainnya. Hadirnya e-commerce membuat para praktisi bisnis mengubah total
model bisnis lama menjadi model bisnis baru.
Penyebab utama kepopuleran model bisnis adalah karena banyak
organisasi yang tumbuh pesat karena kemampuannya menciptakan
model bisnis yang tepat, Model
bisnis jelaskan mengenai bisnis Start –Up itu sendiri dengan tujuan, agar bisa
membantu melakukan pertimbangan perubahan dan kemajuan bisnis secara professional
Penyebab gagalnya suatu bisinis model :
·
Ancaman
lingkungan eksternal
·
Eksekusi
yang lemah dalam menentukan pilihan model bisnis
·
Mempunyai
perancangan model bisnis yang lemah
· Kurang mengertinya tentang analisi masalah tentang apa yang dibutuhkan konsumen
Business Model Canvas
(BMC)
Business Model Canvas pertama kali
dikembangkan oleh Alexander Osterwalder pada bukunya yang
berjudul Business Model Generation. Dalam
bukunya ini, Alexander Osterwalder mencoba
menjelaskan elemen penting yang terdapat dalam sebuah model bisnis secara
sederhana dan mudah dimengerti. Dimana inti bisnis model canvas terdiri dari 9 elemen
yang disebut sebagai 9 building blocks.
Business Model Canvass adalah sebuah alat
yang digunakan untuk menyederhanakan
konsep model bisnis yang rumit dan kompleks agar dapat dimanfaatkan oleh sebuah
organisasi, wirausahawan untuk membuat, mendiskusikan, dan
memahami sebuah model bisnis dengan lebih sistematis.
Model Bisnis Kanvas adalah sebuah management startegi bisnis yang memungkinkan kita untuk menggambarkan, mendesain kemudian mengerucutkan beberapa aspek bisnis menjadi satu strategi bisnis yang utuh
Kegunaan & Tujuan BMC
Kegunaan BMC :
·
Digunakan
untuk Mempersingkat penulisan perencanaan bisnis
·
Digunakan
untuk Meningkatkan fokus perusahaan terhadap poin penting perencanaan bisnis
·
Digunakan
untuk Mengurangi resiko kekeliruan dalam eksekusi bisnis
·
Digunakan
untuk Menghemat waktu dan mempermudah untuk melakukan sinergi tugas dengan
anggota lain
Tujuan BMC :
·
Agar
model bisnis mudah untuk dimingerti, Karna berbentuk visual yang berblok-blok
maka isi sasaran pada setiap blocknya mudah di dimengerti
·
Untuk
Mempermudah akan relasi antara satu block isi ke block isi yang lain
·
Agar
Memudahkan start-up untuk membaginya dengan patner kerja maupun rekan kerja
· Agar membuat anggota-anggota dalam tim lebih mudah untuk mengakselerasi usaha yang sedang dijalani karna sudah mengerti isi model bisnisnya.
Contoh BMC
Kerangka
Business Model Canvas, 9 blok elemen penting yaitu :
1.
Customer
Segments
Elemen ini menentukan
segmen pelanggan mana yang akan menjadi target bisnis kita.
2.
Value
Propositions
Elemen ini membahas
mengenai benefit apa yang akan didapatkan para pelanggan jika memilih bisnis
kita
3.
Channels
Elemen ini menunjukan
bahwasanya sarana atau media usaha untuk bisa menyampaikan value propositions
kepada customer segments. Contoh website & sosial media.
4.
Revenue
Streams
Elemen ini menunjukan
Aliran pendapatan dari sebuah bisnis dimana elemen ini menampilkan bisnis yang
dikelola semaksimal mungkin untuk meningkatkan pendapatan bisnis.
5.
Customer
Relationship
Elemen ini membahas
bagaimana jalinan hubungan kita dengan pelanggan. Contoh memberi diskon /
giveaway.
6.
Key
Activities
Elemin ini menunjukan
kegitatan / aktivitas apa saja yang dilakukan oleh usaha bisnis untuk
menjalankan usahanya. Contoh mengolah bahan menah
7.
Key
Resources
Elemen ini menunjukan
bahan baku, penataan SDM dan penataan proses operasional maupun alat-alat yang
digunakan secara umum contoh lahan.
8.
Key
Partnership
Elemen ini menunjukan
hubungan dengan pihak patner baik supplier atau tim pemasaran.
9.
Cost
Structure
Elemen ini menujukan
cost yang kita keluarkan untuk kepentingan bisnis ini dalam bentuk statis,
pasti berulang. Contohnya gaji pegawai, biaya kemasan, dll.
Terimakasih
Creat By : Micko Tubagas - 20190801086
Komentar
Posting Komentar