Langsung ke konten utama

UTS Kewirausahaan 2 “Bisnis Studio & Peralatan Musik” - 20190801086 [Micko_Tubagas]

UJIAN TENGAH SEMESTER KEWIRAUSAHAAN 2


1.    PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Musik merupakan media hiburan terbaik untuk melepaskan kegelisahaan, kepenatan, maupun kebosanan atas tuntutan kewajiban sehari-hari.  Di zaman serba digital ini mempermudah bisnis untuk berkembang dikarnakan orang-orang setiap hari nya pasti mengoprasikan smartphone untuk mencari hiburan, dan salah satu hiburan tersebut adalah musik. Oleh karna itu tanpa tidak langsung musik yang tesebar di media digial berperan penting memberikan pengaruh kepada para penikmat musik tersebut agar tertarik mencoba apa itu seni musik dan mulai mencari tau atas bagaimana mengekspresikan rasa seni tersebut

Mengapa saya memilih dan tertarik terhadap ide bisnis ini ? dikarna pada zaman sekarang ini orang-orang biasanya menyalurkan ekspresinya salah satunya lewat bermusik, yang mana dimasa sekarang ini banyak pengekspresian musik lewat media sosial maupun digital, hanya saja kualitas dan peralatan yang mereka pakai kurang berkualitas atau tidak memadai. Oleh karna itu bisnis ini memberikan kemudahan dan nilai untuk mempermudah dalam penyaluran ekspresi rasa seni tersebut.

1.2 Problem

Dibawah ini beberapa daftar masalah-masalah yang mendasari mengapa memutuskan mengangkat ide bisnis ini :

  • Kurangnya fasilitas untuk bermusik dilingkungan tangerang terutama sekolah
  • Kurangnya penyaluran bakat bermusik berkualitas ke lembaga event setempat
  • Tidak adanya sarana untuk belajar maupun kursus untuk bermusik yang menyediakan fasilitas modern seperti free wifi dan documenter sosial media

1.3 Solution

Dibawah ini beberapa daftar solusi pemecahan masalah yang disuguhkan pada penerapan ide bisnis ini :

  • Menyediakan studio dan peralatan musik yang berkualitas
  • Menyediakan penyaluran bakat berkualitas ke lembaga event musik setempat
  • Menyediakan sarana kursus maupun belajar bermusik dengan tempat yang mengusung tema ke modernisasian

1.4 Opportunity

Dibawah ini beberapa daftar peluang yang terbuka terkait ide bisnis ini :

  • Sarana bermusik didaerah tangerang terutama citra raya masih kurang
  • Kebanyakan bisnis serupa tidak mengusung pendekatan modernisasi
  • Komunitas  bermusik yang masih kurang solid baik dalam segi pertukaran informasi, penyaluran talenta berbakat, dan pembelajaranya didaerah tangerang

 

2.    ANALISIS INTERNAL & EKSTERNAL

2.1 VRIO (Valuable, Rare, Inimitable, Organized)

  • Valuable.

Ide bisnis ini sangat bernilai bagi customer karna menyediakan solusi atas permasalah yang ada, dimana didalamnya juga menyediakan tambahan khusus pelayanan seperti kursus dan penyaluran bakat bermusik dengan penyediaan fasilitas peralatan & studio musik yang berkualitas sebagai sumber daya utama nya.

  • Rare

Ide bisnis ini sangat langka karna konsepnya yang multi bisnis, maksudnya yaitu didalam ide bisnis utama mengenai penyewaan studio & peralatan musik terdapat juga didalamnya percabangan bisnis yaitu penyediaan kursus, penyaluran bakat bermusik ke acara-acara event musik yang memungkinkan customer yang terpilih dapat berprofesi. Oleh karna itu sumber daya untuk mewujudkan ide bisnis ini sangat langka seperti pengetahuan mengkursuskan musik, peralatan & studio musik yang berkualitas.

  • Imitability

Dengan kompleksitas yang dapat dilihat untuk membangun bisnis ini pastinya dapat dibilang ide bisnis ini sulit untuk ditiru oleh pesaing lain baik dari biayanya, maupun aspek lainya terutama pada ambiguitas kausalnya dimana perusahaan pesaing tidak dapat mengidentifikasi dengan pasti sumber daya (sumber daya utama ide bisnis ini yaitu pengetahuan SDM nya, studio & peralatan musik yang berkualitas) apa yang menyebabkan keunggulan kompetitif dari ide bisnis ini

2.2 SWOT (strength,weakness, opportunity & threat)

Dalam SWOT bagian postif terbagai menjadi strength dan opportunity dan untuk bagian negatif adalah weakness dan threat, sedangkan menurut bagian internal yaitu strength dan weakness sedangkan untuk externalnya opportunity dan threat. Dibawah ini adalah gambar implementasi SWOT terhadap bisnis studio & peralatan musik :’

 

2.3 Analysis PEST ( Political, Economic, Social, Technological )

Dibawah ini adalah faktor yang PEST yang bersinggungan dan berpengaruh  terhadap ide bisnis studio & peralatan musik :

POLITIK

EKONOMI

SOSIAL & BUDAYA

TEKNOLOGI

Peraturan pesaing

fluktuasi harga

Pertumbuhan populasi

akses teknologi baru

Hukum pendidikan

Trend pasar

Gaya hidup

Perkiraan teknologi yang akan datang

Hak cipta

Pertumbuhan ekonomi negara

Hambatan budaya (cultural barrier)

Kompetisi pembangunan teknologi

Kebijakan pajak

Industry yang memiliki faktor spesifik

Distribus umur, etnis, dll

Informasi dan komunikasi

Jaminan keamanan

Cycle market route

Kepercayaan setempat

Cutomer menikmati ketersedian teknolgi

  

3.    ANALISIS KONSUMEN

3.1 STP (Segmentasi, Targeting, Positioning)

  • Segmentasi

Penyewaan studio & peralatan musik memiliki harga sewa yang dapat dibilang terjangkau untuk para siswa, mahasiswa maupun orang menengah kebawah karna biasanya customer yang menyewa beranggota lebih dari tiga orang jadi mereka dapat saling patungan harga untuk melakukan penyewaan studio maupun peralatan musik. Dibawah ini dapat dilihat ketiga pembagian segmentasinya atas ide bisnis ini :

 

  • Targeting

Targeting merupakan pemilihan target pasar untuk penggunaan analisa segmentasi pasar atau dapat dibilang beberapa segmen pasar yang akan menjadi fokus kegiatan pemasaran. Target pasar yang dituju pada bisnis ini terdari dua yaitu target segmen utama dan target segmen dimasa depan. Taget segmen utama dari bisnis ini ialah :

        penggemar musik yang berusia 15 – 30 tahun terutama pada usia remaja yang berkeinginan berlatih musik (mandiri maupun kursus) namun tidak memiliki sarana untuk bermusik baik dirumahnya, dikantornya, disekolahya, maupun dikampusnya. Inilah inti target dari bisnis ini yang mana promosinya dilakukan lewat media sosial instagram berupa konten musik, brosur secara langsung, serta website portofolio bisnis

Selain segmen utama sebagai primary tujuanya, bisnis ini juga memiliki segmen yang di harapkan dimasa depan dapat tercapai atau diperluas, segmen tersebut ialah :

        Acara statsiun musik yang memerlukan sarana, talent, pengadaan event maupun alat bermusik agar dapat melakukan kontrak maupun kerja sama dengan bisnis ini

  • Positioning

Perbedaan dengan bisnis serupa yaitu Jenis bisnis studio & peralatan musik ini memiliki perbedaan dimana dalah hal fitur seperti penyediaan free wifi pada studio musik, menyediakan kursus untuk customer yang ingin berlatih dengan sungguh-sungguh, penyaluran talent customer ke event musik, pelayanan sewa alat musik dan pengantaran alat musiknya. Penempatan tempat bisnis yang strategis dalam pembangunan dimana dekat dengan lalu-lalang interaksi remaja. Dan pastinya menawarkan pelayanan yang dimana setiap pelanggan baru yang menyewa studio akan diabadikan dalam bentuk foto dan dibagikan di media sosial bisnis untuk menjaga relationship dengan para customernya

3.2 Customer Persona

Dibawah ini adalah contoh customer persona yang menampilkan representasi customer atas ide bisnis yang dikemukakan :

3.3 Early Adopter

Kemungkinan besar early adopter yang akan terkait maupun terpikat atas ide bisnis ini yaitu seperti pecinta musik disetiap kalangan umur maupun daerah luas terutama daerah sekitar, baik itu dekat dengan life style online seperti youtube dan sosmed maupun per kumpulan event maupun tongkrongan musik sekitar.

 

4.    CUSTOMER VALUE PROPOSITION

Dibawah ini adalah skema dari preposisi nilai yang disajikan ide bisnis ini terhadap pelanggan guna mencapai kepuasan pelanggan yang diinginkan :

 

5.    LEAN MODEL CANVAS

Penerapan “Bisnis Studio & Peralatan Musik” dimana dalam ide model ini saya rumuskan terobosan baru tentang melakukan kerjasama dengan pihak lain atau bermitra dengan pihak lain serta menjual peralatan musiknya berkualitas. Untuk lean model canvasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


6.    ANALISIS PESAING

Yang kita tahu bahwasanya analisis pesaing digunakan sebagai proses mengidentifikasi dan penelitian menggunakan informasi sebagai titik pengungkapan perbandingan kekuatan dan kelemahan perusahaan Anda terhadap setiap pesaing anda baik itu langsung maupun tidak langsung. Dibawah ini adalah tabel analisis nya :

 

BRAND

MICKO STUDIO & ALAT MUSIK

MD STUDIO

Industri

Musik, pendidikan

Musik

Konsumen target

Umur 15-30 tahun, utama siswa sekolah

Umur 15-30 tahun, utama intermediate musisi

Tipe kompetitor

Langsung, pendatang baru

Langsung, pendatang lama

pembeda

Free wifi, e-payment

Merchandise sticker MD

Sub layanan

Jual alat musik, kursus musik, penyaluran talent

-

Harga perjam

Rp 80.000

Rp 70.000

Strength

  • Moderenisasi
  • Kursus musik
  • Penyaluran talenta berbakat
  • Studio & peralatan berkualitas

  • Simple dan mudah diimplementasi
  • Studio dan peralatan musiknya berkualita baik

Weakness

  • Tidak mudah dijalankan karna kompleksitas bisnis nya
  • Bergantung pada pihak lain

  • Masih belum bisa bermoderenisasi
  • sulit berssaing diera digital ini

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artikel Business Model Canvas - Micko Tubagas [20190801086]

  Business Model             Model bisnis merupakan gambar an pemikiran tentang bagaimana sebuah organisas i menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai - baik itu ekonomi, sosial, ataupun aspek  lainnya. model bisnis menjadi salah satu konsep paling menonjol di antara konsep-konsep manajemen lainnya. Hadirnya e-commerce membuat para praktisi bisnis mengubah total model bisnis lama menjadi model bisnis baru.               Penyebab utama kepopuleran model bisnis adalah karena banyak organisasi yang tumbuh pesat karena kemampuannya menciptakan model bisnis yang tepat, Model bisnis jelaskan mengenai bisnis Start –Up itu sendiri dengan tujuan, agar bisa membantu melakukan pertimbangan perubahan dan kemajuan bisnis secara professional   Penyebab gagalnya suatu bisinis model : ·          Ancaman lingku...

T2 Micko Tubagas - PBO

  NAMA            : MICKO TUBAGAS NIM                 : 20190801086   TUGAS 2 Program Berientasi Objek NO 1 untuk melihat klik gambar analisa saya pada nomor 1 adalah program nomor satu program sederhana tanpa menggunakan scanner  NO 2 untuk melihat klik gambar

WAKTU TERCEPAT - WAKTU TERLAMBAT JAVASCRIPT VSCODE

WAKTU TERCEPAT - WAKTU TERLAMBAT  JAVASCRIPT  VSCODE