Hai teman-teman
semua, Kembali lagi di blog Micko Tubagas, dimana blog ini membahas seputar
pembelajaran formal akademik maupun hal-hal menarik lainnya. Dipostingan kali
ini kita akan membahas tentang materi kewirausahaan yang bertemakan “Digital
Marketing”, apa sih Pemasaran itu ? Untuk mengetahui pembahasan materi lebih
lanjutnya kita langsung saja masuk ke inti pembahasan materi pemasaran yang
dapat dilihat pada isi tulisan materi "Pemasaran" dibawah ini
Pengertian Digital Marketing
Digital Marketing adalah sebuah teknik pemasaran suatu
produk yang menggunakan ragam media digital dan dapat diakses melalui layanan
internet, contoh digital marketing
yaitu web market, app market, social media market, dll. Ada juga beberapa pengertian digital yang lebih
luas menurut para ahli, para ahli tersebut adalah :
- Menurut Chaffey (2004:14) bahwasanya digital marketing merupakan sebuah bentuk penerapan dari teknologi digital yang membentuk online channel ke pasar (berbentuk website, e-mail, dan media sosial lainnya) yang memberikan kontribusi terhadap kegiatan pemasaran sehingga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan mempertahankan konsumen.
- Menurut Urban (2002:14), digital marketing adalah penggunaan internet dan teknologi komunikasi sebagai peningkatan fungsi metode pemasaran yang tradisional. Utamanya, digital marketing tidak lepas dari perkembangan teknologi dan akan selalu beradaptasi.
Strategi Digital Marketing
Strategi digital
marketing digunakan untuk mencapai satu tujuan utama melalui rute yang berbeda
dengan menerapkan macam-macam metode didalamnya. Bebearapa strategi
pemasaran digital pada umumnya yaitu :
- Search Engine Optimization (SEO). suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP (Search Engine Result Page) dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan.
- Search Engine Marketing (SEM). untuk mendapatkan tampilan website atau blog pada halaman utama Search Engine Result Page. Pengguna SEM umumnya identik dengan penawaran produk. Biasanya, pengguna SEM yang beriklan di search engine adalah toko-toko online yang memiliki produk atau jasa untuk dijual.
- Blog / Website Marketing. taktik pemasaran dengan menggunakan blog atau website untuk meningkatkan visibilitas suatu bisnis. Blog marketing adalah saluran pemasaran (seperti media sosial, pemasaran via email, dan lain-lain) yang membantu mendukung pertumbuhan suatu bisnis
- Content Marketing. mempromosikan bisnis melalui interaksi dengan pelanggan dan meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian. Beberapa bentuk pemasaran konten adalah: video, testimoni, e-book, podcast, infografis, posting blog, posting media sosial, dan masih banyak lagi.
- Sosial Media Marketing. langkah pemasaran yang bisa dilakukan melalui media sosial. Anda bisa membuat konten yang tepat dan sesuai dengan bisnis, sehingga calon konsumen tertarik untuk melihatnya.
- Email Marketing. cara yang digunakan sebagai bentuk komunikasi dengan pelanggan yang menyukai layanan atau produk dan telah memilih untuk berlangganan, cara ini dikirimkan lewat pesan email biasanya.
- Banner Marketing. Pemasaran lewat iklan spanduk yang biasanya ditempatkan dilokasi digital yang mudah dilihat pada halaman digital. Contoh ada banner pengiklanan saat kita masuk ke sebuah web suatu usaha
- Mobile Marketing. bentuk pemasaran melalui konten digital yang terkait dalam menjangkau audiens yang memakai ponsel seluler.
- Affiliate Marketing. taktik pemasaran berbasis kinerja, di mana para pengecer (biasanya pengecer online) memberikan sebuah upah komisi kepada setiap situs web untuk setiap pelanggan yang didapatkan melalui aktivitas promosi di situs web tersebut.
- Viral Marketing. ketika seseorang membuat sebuah video atau konten visual yang beresonansi dengan target audiens mereka. Konten itu dibagikan hingga menyebar atau menjadi viral.
Manfaat Digital Marketing
Keuntungan utama dari digital marketing adalah bahwa audiens
yang ditargetkan dapat dijangkau dengan cara yang hemat biaya dan terukur.
Keuntungan digital marketing lainnya termasuk meningkatkan loyalitas merek dan
mendorong untuk penjualan online. Adapun manfaat dari digital marketing lainya yaitu meliputi :
- Jangkauan skala global. Digital marketing memungkinkan pemasar untuk menemukan pasar baru dan berdagang secara global walau hanya dengan investasi yang sangat kecil.
- Biaya lebih rendah. Penyuaraan promosi pada sarana digital marketing yang terencana dan tepat sasaran dapat menjangkau pelanggan yang tepat dengan biaya yang jauh lebih rendah dari pada metode pemasaran tradisional.
- Hasil yang dapat dilacak dan terukur. Digital marketing mempermudah untuk menetapkan seberapa efektif pengiklanan yang dilakukan oleh pemasar. Para pemasar dapat memperoleh informasi terperinci tentang bagaimana pelanggan menggunakan product atau jasanya hanya lewat monitoring perangkat lunak digital marketing di gunakan.
- Personalisasi. Jika basis data pelanggan ditautkan ke situs web atau media digital marketing lainnya seperti app market, maka setiap kali seseorang mengunjungi situs atau app tersebut, dapat menyambut mereka dengan penawaran yang ditargetkan. Semakin banyak mereka membeli, semakin dapat menyempurnakan profil pelanggan dan memasarkan secara efektif kepada mereka.
- Keterbukaan. Dengan menggunakan media sosial dan mengelolanya dengan hati-hati, pemasar mempunyai kesempatan untuk membangun loyalitas pelanggan dan menciptakan reputasi yang mudah untuk diajak berinteraksi.
- Mata uang sosial. Digital marketing memungkinkan seorang pemasar untuk membuat kampanye yang menarik menggunakan taktik pemasaran konten. Konten (gambar, video, artikel) dapat memperoleh mata uang sosial yang diteruskan dari pengguna ke pengguna dan menjadi viral.
- Peningkatan tingkat konversi. Dengan mempergunakan digital marketing, pelanggan hanya perlu beberapa klik untuk melakukan pembelian. Tidak seperti media lain yang mengharuskan orang untuk bangun dan menelepon, atau pergi ke toko, pemasaran digital bisa berjalan langsung di mana saja dan kapan saja.
Keunggulan Digital Marketing
Dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari digital marketing yaitu :
- Media pemasaran digital mampu menjangkau kalangan tanpa batas waktu dengan cara apapun. Media pemasaran digital diklaim mampu menjangkau semua kalangan, kapan pun, dimana pun, dan dengan cara apapun. Tentu sangat jauh lebih unggul daripada marketing konvensional yang hanya terbatas waktu, lokasi, dan jangkauan pengguna.
- Pemasaran lebih efektif di jaman digital sekarang ini. memungkinkan usaha untuk melakukan penetrasi atau usaha lebih mudah meningkatkan penjualanya beberapa kali lipat dibandingkan melalui pemasaran secara manual, dikarnakan jaman yang mendukung.
- Memudah kan kegiatan pemasaran serta transaksinya. Memudahkan kegitan pemasaran dalam tanda kutip pengiklanannya karna dapat dilakukan secara mobile, serta mempermudah transasksi usaha baik penjualan maupun pembelian bahan.
- Lebih terukur dan memudahkan monitoring konsumen. Memungkinkan record transaksi usaha berupa informasi lebih mudah untuk didapatkan dan dibaca, serta lewat record-record transaksi tersebut dapat mempermudah usaha untuk memberikan tawaran produk yang sesuai dengan profile konsumennya.
- Biaya pemasaran lebih murah dan pemasaran dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Biaya promosi pemasaran lebih murah karna tidak perlu memikirkan biaya effort transportasi nya. serta memungkinkan pemasaran dilirik konsumen saat konsumen sedang melakukan aktifitas digital.
- Membantu bersaing dalam usaha. Dengan adanya digital marketing menjadikan usaha kecil mempunyai cukup power untuk melakukan akelerasi fleksibel dalam melakukan pemasarannya terhadap pesaing usaha yang berada dilevel lebih tinggi sampai lebih lebih rendah.
KESIMPULAN
Jadi Digital
Marketing sangatlah efisien di zaman yang serba digital & zaman yang serba
internet seperti sekarang ini karna Pemasaran Digital merupakan suatu usaha
untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat
menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, luas dan relevan.
Cara untuk
melakukan digital marketing juga tidak terpaku kepada ke fokusan kerja maupun
materialistik, melainkan dapat juga dilakukan dengan santai dan dengan
kreatifitas ide seni entertaiment. Contohnya melakukan digital marketing lewat
content digital vidio (youtube) yang mana kita dapat menjalankan hoby sekaligus
melakukan pemasaran.
Terimakasih
Micko Tubagas - 20190801086
Komentar
Posting Komentar