Langsung ke konten utama

Digital Marketing - T13 MICKO TUBAGAS - 20190801086

Hai teman-teman semua, Kembali lagi di blog Micko Tubagas, dimana blog ini membahas seputar pembelajaran formal akademik maupun hal-hal menarik lainnya. Dipostingan kali ini kita akan membahas tentang materi kewirausahaan yang bertemakan “Digital Marketing”, apa sih Pemasaran itu ? Untuk mengetahui pembahasan materi lebih lanjutnya kita langsung saja masuk ke inti pembahasan materi pemasaran yang dapat dilihat pada isi tulisan materi "Pemasaran" dibawah ini


Pengertian Digital Marketing

Digital Marketing adalah sebuah teknik pemasaran suatu produk yang menggunakan ragam media digital dan dapat diakses melalui layanan internet, contoh digital marketing yaitu web market, app market, social media market, dll. Ada juga beberapa pengertian digital yang lebih luas menurut para ahli, para ahli tersebut adalah :

  • Menurut Chaffey (2004:14) bahwasanya digital marketing merupakan sebuah bentuk penerapan dari teknologi digital yang membentuk online channel ke pasar (berbentuk website, e-mail, dan media sosial lainnya) yang memberikan kontribusi terhadap kegiatan pemasaran sehingga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan mempertahankan konsumen.
  • Menurut Urban (2002:14), digital marketing adalah penggunaan internet dan teknologi komunikasi sebagai peningkatan fungsi metode pemasaran yang tradisional. Utamanya, digital marketing tidak lepas dari perkembangan teknologi dan akan selalu beradaptasi.

 

Strategi Digital Marketing

Strategi digital marketing digunakan untuk mencapai satu tujuan utama melalui rute yang berbeda dengan menerapkan macam-macam metode didalamnya. Bebearapa strategi pemasaran digital pada umumnya yaitu :

  • Search Engine Optimization (SEO). suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP (Search Engine Result Page) dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan.
  • Search Engine Marketing (SEM).  untuk mendapatkan tampilan website atau blog pada halaman utama Search Engine Result Page. Pengguna SEM umumnya identik dengan penawaran produk. Biasanya, pengguna SEM yang beriklan di search engine adalah toko-toko online yang memiliki produk atau jasa untuk dijual.
  • Blog / Website Marketing. taktik pemasaran dengan menggunakan blog atau website untuk meningkatkan visibilitas suatu bisnis. Blog marketing adalah saluran pemasaran (seperti media sosial, pemasaran via email, dan lain-lain) yang membantu mendukung pertumbuhan suatu bisnis
  • Content Marketing. mempromosikan bisnis melalui interaksi dengan pelanggan dan meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian. Beberapa bentuk pemasaran konten adalah: video, testimoni, e-book, podcast, infografis, posting blog, posting media sosial, dan masih banyak lagi.
  • Sosial Media Marketing. langkah pemasaran yang bisa dilakukan melalui media sosial. Anda bisa membuat konten yang tepat dan sesuai dengan bisnis, sehingga calon konsumen tertarik untuk melihatnya.
  • Email Marketing. cara yang digunakan sebagai bentuk komunikasi dengan pelanggan yang menyukai layanan atau produk dan telah memilih untuk berlangganan, cara ini dikirimkan lewat pesan email biasanya.
  • Banner Marketing. Pemasaran lewat iklan spanduk yang biasanya ditempatkan dilokasi digital yang mudah dilihat pada halaman digital. Contoh ada banner pengiklanan saat kita masuk ke sebuah web suatu usaha
  • Mobile Marketing. bentuk pemasaran melalui konten digital yang terkait dalam menjangkau audiens yang memakai ponsel seluler.
  • Affiliate Marketing. taktik pemasaran berbasis kinerja, di mana para pengecer (biasanya pengecer online) memberikan sebuah upah komisi kepada setiap situs web untuk setiap pelanggan yang didapatkan melalui aktivitas promosi di situs web tersebut.
  • Viral Marketing. ketika seseorang membuat sebuah video atau konten visual yang beresonansi dengan target audiens mereka. Konten itu dibagikan hingga menyebar atau menjadi viral.

 

Manfaat Digital Marketing

Keuntungan utama dari digital marketing adalah bahwa audiens yang ditargetkan dapat dijangkau dengan cara yang hemat biaya dan terukur. Keuntungan digital marketing lainnya termasuk meningkatkan loyalitas merek dan mendorong untuk penjualan online. Adapun manfaat dari digital marketing lainya yaitu meliputi :

  • Jangkauan skala global. Digital marketing memungkinkan pemasar untuk menemukan pasar baru dan berdagang secara global walau hanya dengan investasi yang sangat kecil.
  • Biaya lebih rendah. Penyuaraan promosi pada sarana digital marketing yang terencana dan tepat sasaran dapat menjangkau pelanggan yang tepat dengan biaya yang jauh lebih rendah dari pada metode pemasaran tradisional.
  • Hasil yang dapat dilacak dan terukur. Digital marketing mempermudah untuk menetapkan seberapa efektif pengiklanan yang dilakukan oleh pemasar. Para pemasar dapat memperoleh informasi terperinci tentang bagaimana pelanggan menggunakan product atau jasanya hanya lewat monitoring perangkat lunak digital marketing di gunakan.
  • Personalisasi. Jika basis data pelanggan ditautkan ke situs web atau media digital marketing lainnya seperti app market, maka setiap kali seseorang mengunjungi situs atau app tersebut, dapat menyambut mereka dengan penawaran yang ditargetkan. Semakin banyak mereka membeli, semakin dapat menyempurnakan profil pelanggan dan memasarkan secara efektif kepada mereka.
  • Keterbukaan. Dengan menggunakan media sosial dan mengelolanya dengan hati-hati, pemasar mempunyai kesempatan untuk membangun loyalitas pelanggan dan menciptakan reputasi yang mudah untuk diajak berinteraksi.
  • Mata uang sosial. Digital marketing memungkinkan seorang pemasar untuk membuat kampanye yang menarik menggunakan taktik pemasaran konten. Konten (gambar, video, artikel) dapat memperoleh mata uang sosial yang diteruskan dari pengguna ke pengguna dan menjadi viral.
  • Peningkatan tingkat konversi. Dengan mempergunakan digital marketing, pelanggan hanya perlu beberapa klik untuk melakukan pembelian. Tidak seperti media lain yang mengharuskan orang untuk bangun dan menelepon, atau pergi ke toko, pemasaran digital bisa berjalan langsung di mana saja dan kapan saja.

 

Keunggulan Digital Marketing

Dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari digital marketing yaitu :

  • Media pemasaran digital mampu menjangkau kalangan tanpa batas waktu dengan cara apapun. Media pemasaran digital diklaim mampu menjangkau semua kalangan, kapan pun, dimana pun, dan dengan cara apapun. Tentu sangat jauh lebih unggul daripada marketing konvensional yang hanya terbatas waktu, lokasi, dan jangkauan pengguna.
  • Pemasaran lebih efektif di jaman digital sekarang ini. memungkinkan usaha untuk melakukan penetrasi atau usaha lebih mudah meningkatkan penjualanya beberapa kali lipat dibandingkan melalui pemasaran secara manual, dikarnakan jaman yang mendukung.
  • Memudah kan kegiatan pemasaran serta transaksinya. Memudahkan kegitan pemasaran dalam tanda kutip pengiklanannya karna dapat dilakukan secara mobile, serta mempermudah transasksi usaha baik penjualan maupun pembelian bahan. 
  • Lebih terukur dan memudahkan monitoring konsumen. Memungkinkan record transaksi usaha berupa informasi lebih mudah untuk didapatkan dan dibaca, serta lewat record-record transaksi tersebut dapat mempermudah usaha untuk memberikan tawaran produk yang sesuai dengan profile konsumennya.
  • Biaya pemasaran lebih murah dan pemasaran dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Biaya promosi pemasaran lebih murah karna tidak perlu memikirkan biaya effort transportasi nya. serta memungkinkan pemasaran dilirik konsumen saat konsumen sedang melakukan aktifitas digital.
  • Membantu bersaing dalam usaha. Dengan adanya digital marketing menjadikan usaha kecil mempunyai cukup power untuk melakukan akelerasi fleksibel dalam melakukan pemasarannya terhadap pesaing usaha yang berada dilevel lebih tinggi sampai lebih lebih rendah.

 

KESIMPULAN

Jadi Digital Marketing sangatlah efisien di zaman yang serba digital & zaman yang serba internet seperti sekarang ini karna Pemasaran Digital merupakan suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, luas dan relevan.

Cara untuk melakukan digital marketing juga tidak terpaku kepada ke fokusan kerja maupun materialistik, melainkan dapat juga dilakukan dengan santai dan dengan kreatifitas ide seni entertaiment. Contohnya melakukan digital marketing lewat content digital vidio (youtube) yang mana kita dapat menjalankan hoby sekaligus melakukan pemasaran.

 

Terimakasih             

Micko Tubagas - 20190801086

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artikel Business Model Canvas - Micko Tubagas [20190801086]

  Business Model             Model bisnis merupakan gambar an pemikiran tentang bagaimana sebuah organisas i menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai - baik itu ekonomi, sosial, ataupun aspek  lainnya. model bisnis menjadi salah satu konsep paling menonjol di antara konsep-konsep manajemen lainnya. Hadirnya e-commerce membuat para praktisi bisnis mengubah total model bisnis lama menjadi model bisnis baru.               Penyebab utama kepopuleran model bisnis adalah karena banyak organisasi yang tumbuh pesat karena kemampuannya menciptakan model bisnis yang tepat, Model bisnis jelaskan mengenai bisnis Start –Up itu sendiri dengan tujuan, agar bisa membantu melakukan pertimbangan perubahan dan kemajuan bisnis secara professional   Penyebab gagalnya suatu bisinis model : ·          Ancaman lingku...

T2 Micko Tubagas - PBO

  NAMA            : MICKO TUBAGAS NIM                 : 20190801086   TUGAS 2 Program Berientasi Objek NO 1 untuk melihat klik gambar analisa saya pada nomor 1 adalah program nomor satu program sederhana tanpa menggunakan scanner  NO 2 untuk melihat klik gambar

WAKTU TERCEPAT - WAKTU TERLAMBAT JAVASCRIPT VSCODE

WAKTU TERCEPAT - WAKTU TERLAMBAT  JAVASCRIPT  VSCODE