Hai teman-teman semua, Kembali lagi di blog Micko Tubagas, dimana blog ini membahas seputar pembelajaran formal akademik maupun hal-hal menarik lainnya. Dipostingan kali ini kita akan membahas tentang materi kewirausahaan yang bertemakan “Pemasaran”, apa sih Pemasaran itu ? pemasaran merupakan aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.
Untuk pembahasan materi lebih lanjut, tidak usah berlama-lama lagi kita langsung saja masuk ke inti pembahasan materi pemasaran yang dapat dilihat pada isi tulisan materi "Pemasaran" dibawah ini
Tujuan & Teknik Strategi Pemasaran
Tujuan pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen.
Strategi & Teknik Pemasaran :
1.
Penerapan
strategi & teknik yang berhubungan dengan perkembangan Pasar
Contoh mencoba
meningkatkan penjualan dengan mengacu kepada aspek tren pasar maupun
perkembangan pasar terhadap konsumen pasar.
2.
Penerapan
strategi & teknik yang berhubungan dengan Produk
Contoh mencoba meningkatkan
penjualan dengan mengacu kepada aspek kualitas produk yang telah dibuat maupun produk
yang akan dioptimalkan.
3.
Penerapan
strategi & teknik yang berhubungan dengan Place / Tempat Pemasaran
Contoh mencoba
meningkatkan penjualan dengan mengacu kepada aspek lokasi atau tempat usaha
berjalan.
4.
Penerapan
strategi & teknik yang berhubungan dengan
Harga
Contoh mencoba
meningkatkan penjualan dengan mengacu kepada aspek seberapa besar harga yang
ditawarkan kepada konsumen dengan membandingkan standar harga pasar dan pesaing.
5.
Penerapan
strategi & teknik yang berhubungan dengan
Penetrasi Pasar
Contoh mencoba
meningkatkan penjualan dengan mengacu kepada aspek peningkatan penyebaran
jumlah penjualan secara masive seperti lewat pembangunan cabang baru, penjulan
lewat media digital, dll/
6.
Penerapan
strategi & teknik yang berhubungan dengan
Segmentasi Pasar
Contoh mencoba meningkatkan penjualan dengan mengacu kepada aspek pengerucutan kelompok pembeli baik dari segi kebutuhan, karakteristik, atau perilaku dari suatu segmentasi.
Prinsip Pemasaran
Prinsip dasar pemasaran yaitu menciptakan nilai bagi langganan (costum value), keunggulan bersaing (competitive advantages) dan focus pemasaran (focus)
Kegiatan Pemasaran
Beberapa kegiatan dalam lingkup pemasaran, yakni
1. Pembelian, memberi barang yang akan kita jual kembali.
2. Penyimpanan (penggudangkan).
3. Sortir dan Pengemasan.
4. Penjualan.
Perencanaan Pemasaran
Beberapa Iangkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha
baru, yaitu sebagai berikut :
1.
Penentuan
kebutuhan dan keinginan pelanggan riset pasar harus diarahkan dan dibutuhkan
konsumen, berapa jumlahnya, Kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan,
dan kapan mereka membutuhkan.
2.
Memilih
pasar sasaran khusus (special target market) Ada tigajenis pasar sasaran khusus,
yaitu sebagai berikut :
·
Pasar
individual (individual market).
·
Relung
pasar (niche market).
·
Segmentasi
pasar (market segmentation).
3.
Menempatkan
Starategi Pemasaran dalam Persaingan Ada 6 strategi untuk memenuhi permintaan
dan Iingkungan yang bersaing yaitu sebagai berikut.
·
Orintasi
pada pelanggan (customer orientation).
·
Kualitas
(quality), ialah mengutamakan TQM (Total QuatityManagement) yaitu efektif,
efisien dan tepat.
·
Kesenangan
(convenience), yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup kenyamanan,
dan kenikmatan.
·
lnovasi
(inovation), yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, maupun proses.
·
Kecepatan
(speed), atau Time Compression Management (TCM), yang diwujud dalam bentuk :
a)
kecepatan
untuk menempatkan produk baru dipasar
b)
memperpendek
waktu untuk merespon keinginan dan kebutuhan pelanggan (Customer Response Time)
Pelayanan dan kepuasan pelanggan.
4. Pemilihan Strategi Pemasaran adalah paduan dari kinerja wirausaha dengan hasil pengujian penelitian pasar sebelumnya dalam hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dan mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran.
KESIMPULAN
Pemasaran merupakan sebuah kegiatan guna meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe), menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen (product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk dikenal kosumen (promotion), mendistribusikan produk ketempat konsumen (place).
Dimana pemasaran memiliki
konsep prinsip dasar yaitu menciptakan nilai bagi langganan (costum value), keunggulan
bersaing (competitive advantages) dan focus pemasaran (focus) guna untuk agar
barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen.
Komentar
Posting Komentar