Langsung ke konten utama

PEMASARAN - T12 MICKO TUBAGAS - 20190801086

Hai teman-teman semua, Kembali lagi di blog Micko Tubagas, dimana blog ini membahas seputar pembelajaran formal akademik maupun hal-hal menarik lainnya. Dipostingan kali ini kita akan membahas tentang materi kewirausahaan yang bertemakan “Pemasaran”, apa sih Pemasaran itu ? pemasaran merupakan aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. 

Untuk pembahasan materi lebih lanjut, tidak usah berlama-lama lagi kita langsung saja masuk ke inti pembahasan materi pemasaran yang dapat dilihat pada isi tulisan materi "Pemasaran" dibawah ini


Tujuan & Teknik Strategi Pemasaran

Tujuan pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen.

Strategi & Teknik Pemasaran :

1.      Penerapan strategi & teknik yang berhubungan dengan perkembangan Pasar

Contoh mencoba meningkatkan penjualan dengan mengacu kepada aspek tren pasar maupun perkembangan pasar terhadap konsumen pasar.

2.      Penerapan strategi & teknik yang berhubungan dengan Produk

Contoh mencoba meningkatkan penjualan dengan mengacu kepada aspek kualitas produk yang telah dibuat maupun produk yang akan dioptimalkan.

3.      Penerapan strategi & teknik yang berhubungan dengan Place / Tempat Pemasaran

Contoh mencoba meningkatkan penjualan dengan mengacu kepada aspek lokasi atau tempat usaha berjalan.

4.      Penerapan strategi & teknik yang berhubungan dengan  Harga

Contoh mencoba meningkatkan penjualan dengan mengacu kepada aspek seberapa besar harga yang ditawarkan kepada konsumen dengan membandingkan standar harga pasar dan pesaing.

5.      Penerapan strategi & teknik yang berhubungan dengan  Penetrasi Pasar

Contoh mencoba meningkatkan penjualan dengan mengacu kepada aspek peningkatan penyebaran jumlah penjualan secara masive seperti lewat pembangunan cabang baru, penjulan lewat media digital, dll/

6.      Penerapan strategi & teknik yang berhubungan dengan  Segmentasi Pasar

Contoh mencoba meningkatkan penjualan dengan mengacu kepada aspek pengerucutan kelompok pembeli baik dari segi kebutuhan, karakteristik, atau perilaku dari suatu segmentasi.


Prinsip Pemasaran

Prinsip dasar pemasaran yaitu menciptakan nilai bagi langganan (costum value), keunggulan bersaing (competitive advantages) dan focus pemasaran (focus)


Kegiatan Pemasaran

Beberapa kegiatan dalam lingkup pemasaran, yakni

1.      Pembelian, memberi barang yang akan kita jual kembali.

2.      Penyimpanan (penggudangkan).

3.      Sortir dan Pengemasan.

4.      Penjualan.



Perencanaan Pemasaran

Beberapa Iangkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru, yaitu sebagai berikut :

1.      Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan riset pasar harus diarahkan dan dibutuhkan konsumen, berapa jumlahnya, Kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka membutuhkan.

2.      Memilih pasar sasaran khusus (special target market) Ada tigajenis pasar sasaran khusus, yaitu sebagai berikut :

·         Pasar individual (individual market).

·         Relung pasar (niche market).

·         Segmentasi pasar (market segmentation).

3.      Menempatkan Starategi Pemasaran dalam Persaingan Ada 6 strategi untuk memenuhi permintaan dan Iingkungan yang bersaing yaitu sebagai berikut.

·         Orintasi pada pelanggan (customer orientation).

·         Kualitas (quality), ialah mengutamakan TQM (Total QuatityManagement) yaitu efektif, efisien dan tepat.

·         Kesenangan (convenience), yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup kenyamanan, dan kenikmatan.

·         lnovasi (inovation), yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, maupun proses.

·         Kecepatan (speed), atau Time Compression Management (TCM), yang diwujud dalam bentuk :

a)      kecepatan untuk menempatkan produk baru dipasar

b)      memperpendek waktu untuk merespon keinginan dan kebutuhan pelanggan (Customer Response Time) Pelayanan dan kepuasan pelanggan.

4.      Pemilihan Strategi Pemasaran adalah paduan dari kinerja wirausaha dengan hasil pengujian penelitian pasar sebelumnya dalam hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dan mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran.



KESIMPULAN

Pemasaran merupakan sebuah kegiatan guna meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe), menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen (product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk dikenal kosumen (promotion), mendistribusikan produk ketempat konsumen (place). 

Dimana pemasaran memiliki konsep prinsip dasar yaitu menciptakan nilai bagi langganan (costum value), keunggulan bersaing (competitive advantages) dan focus pemasaran (focus) guna untuk agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen.




 Terimakasih              
Micko Tubagas - 20190801086

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artikel Business Model Canvas - Micko Tubagas [20190801086]

  Business Model             Model bisnis merupakan gambar an pemikiran tentang bagaimana sebuah organisas i menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai - baik itu ekonomi, sosial, ataupun aspek  lainnya. model bisnis menjadi salah satu konsep paling menonjol di antara konsep-konsep manajemen lainnya. Hadirnya e-commerce membuat para praktisi bisnis mengubah total model bisnis lama menjadi model bisnis baru.               Penyebab utama kepopuleran model bisnis adalah karena banyak organisasi yang tumbuh pesat karena kemampuannya menciptakan model bisnis yang tepat, Model bisnis jelaskan mengenai bisnis Start –Up itu sendiri dengan tujuan, agar bisa membantu melakukan pertimbangan perubahan dan kemajuan bisnis secara professional   Penyebab gagalnya suatu bisinis model : ·          Ancaman lingku...

T2 Micko Tubagas - PBO

  NAMA            : MICKO TUBAGAS NIM                 : 20190801086   TUGAS 2 Program Berientasi Objek NO 1 untuk melihat klik gambar analisa saya pada nomor 1 adalah program nomor satu program sederhana tanpa menggunakan scanner  NO 2 untuk melihat klik gambar

WAKTU TERCEPAT - WAKTU TERLAMBAT JAVASCRIPT VSCODE

WAKTU TERCEPAT - WAKTU TERLAMBAT  JAVASCRIPT  VSCODE