Langsung ke konten utama

Artikel Materi Webminar - "Marketing Insight" (T10 CR003 - Micko Tubagas [20190801086])

            Hallo teman-teman Kembali lagi di blog Micko Tubagas, dimana yang mungkin teman-teman sudah tau bahwa blog ini membahas seputar pembelajaran formal akademik maupun hal-hal menarik lainnya. Dipostingan kali ini kita akan membahas tentang materi yang saya dapat dari pelaksanaan keikutsertaan webminar dengan tema “Marketing Insight” yang diselenggarakan oleh Universitas Esa Unggul.

 

            Pada awal webminar ini kita diberikan pengetahuan umum tentang tujuan atau goal dari suatu bisnis, yang mana bisnis goal tersebut terbagi menjadi tiga yaitu : diterima oleh pasar, konsumen puas, dan keuntungan usaha (profit). Untuk selanjutnya mungkin kita langsung saja masuk saja kemateri tema utama, yaitu materi tentang insight, baik itu Marketing Insight maupun Consumer Insight.

 

Insight merupakan pemahaman yang jelas, dalam, dan terkadang pemahaman yang muncul tiba-tiba tentang suatu situasi atau masalah. Atau juga merupakan upaya atau proses pengidentifikasian semua tentang suatu situasi atau masalah yang dilakukan secara mendalam.

 

Marketing insight merupakan pemahaman yang jelas, dalam, dan terkadang pemahaman yang muncul tiba-tiba tentang pasar atau market. Atau dapat dibilang juga Marketing insight merupakan upaya atau proses pengidentifikasian semua tentang market / pasar yang dilakukan secara mendalam. Mulai dari trend pasar, pesaing yang ada dipasar, segmen pasar dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pasar sebagainya.

 

Beberapa Manfaat Marketing insight secara menyeluruh :

1.      membantu identifikasi potensi ancaman & peluang

2.      membantu mengetahui trend yang muncul dipasar

3.      membantu untuk mengevaluasi bisnis terhadap tolak ukur keberhasilan

4.      membantu untuk memfasilitasi atau mengevaluasi strategi yang sudah diterapkan

5.      membantu menemukan kekuatan dan kelemahan anda dan pesaing

 

Untuk menghasilkan atau menemukan marketing insight kita dapat melakukan riset pasar, yang mana terdiri dar tiga teknik riset pasar yaitu, yaitu :

A.    Qualitative Research : merupakan pencarian / riset pasar yang dilakukan dengan observasi atau pertanyaan tidak terstruktur. Biasanya adalah penelitian yang dilakukan dengan observasi atau pertanyaan tidak terstrukturmetode penelitian berbasis pertanyaan terbuka (percakapan) yang sangat bergantung pada metode penelitian pasar berikut ini : fokus ke suatu kelompok, wawancara mendalam, dan metode penelitian inovatif lainnya

B.     Quantitative Research :  merupakan teknik untuk mengajukan pertanyaan kepada audiens target secara terorganisir dan terstruktur biasanya menggunakan survei, jajak pendapat, atau kuesioner. Tanggapan yang diterima dapat dianalisis untuk menambah insight marketing serta dapat membuat perusahaan untuk menentukan keputusan yang lebih matang guna untuk meningkatkan produk dan layanan

C.     Social Media Listening / Monitoring : merupakan teknik pencarian riset pasar menggunakan media digital teknologi seperti cara menghitung popularitas suatu merek atau perusahaan dengan mengekstrak informasi dari saluran media sosial.

 

Selain insight dalam bidang marketing / pasar ada juga jenis insight dalam bidang konsumen yaitu disebut Consumer Insight, ok selanjutnya mari kita bahas tentang Consumer Insight

 

Consumer Insight merupakan upaya atau proses pengidentifikasian semua tentang consumer / konsumen yang dilakukan secara mendalam, mulai dari segi geografis, kebiasaan, latar belakang, demografi dan berbagai faktor yang mempengaruhi consumer untuk berhubungan langsung dengan komunikasi pemasaran dan tertuju pada produk / jasa yang ditawarkan terhadap konsumen.

 

Customer Journey merupakan bagaimana perjalan cutomer sampai mendapatkan suatu produk. Untuk lengkapnya teman-teman dapat melihat perjalan customernya pada gambar dibawah ini :

 

Untuk menghasilkan atau menemukan Consumer Insight maka kita dapat melakukan beberapa hal berikut, yaitu :


A.    Literature Sources merupakan pencarian informasi tentang  budaya apa atau pedomana apa yang konsumen jadikan landasan untuk membeli suatu produk.

B.     Survey merupakan kegiatan untuk mengumpulkan atau pengambilan sampel unit individu (customer) data terhadap produk atau usaha lewat kuesioner

C.     Observations merupakan aktivitas pengamatan secara langsung terhadap customer dengan maksud untuk merasakan dan kemudian memahaminya.

D.    Interview merupakan cara yang dapat dibilang paling efektif untuk menghasil atau menemukan consumer insight, karna interview dilakukan secara langsung face-to-face dalam pengambilan informasinya.

E.     Online / Social Media Monitoring merupakan cara menggunakan media digital teknologi untuk melakukan pencarian informasi guna untuk menghasilkan consumer insight, informasi disini biasanya berupa  feedback customer maupun reques customer  terhadap media online usaha.

F.      Document And Record merupakan cara untuk menemukan informasi yang dianggap berguan untuk menghasilkan consumer insight lewat penyortiran document serta record yang telah dilakukan usaha terhadap customer.

G.    Experiment merupakan kegitan melakukan uji coba kepada customer untuk menciptakan informasi-informasi yang berguna untuk menghasilkan consumer insight.

 

Beberapa Manfaat consumer insight secara menyeluruh :

1.      Menyesuaikan strategi pemasaran karna mendapatkan info tentang trend pasar

2.      Menganalisa pesaing dikarnakan customer terkadang membandingkan dengan pesaing lain

3.      Dapat menekan biaya akusisi perpelanggan

4.      Meningkatkan jumlah pelanggan meningkatkan transaksi pelanggan

5.      Menjalin hubungan baik dengan pelanggan

 

KESIMPULAN

Jadi kesimpulan yang saya dapat dari webminar ini tentang pembahasan materi Marketing Insight & Consumer Insight adalah bahwasanya  Marketing Insight & Consumer Insight  merupakan  upaya atau proses pengidentifikasian semua tentang pasar & tentang customer yang dilakukan secara mendalam dan jelas yang berguna untuk pengambilan informasi secara menyeluruh maupun lebih luas dengan maksud untuk menjadikan usaha atau bisnis dapat mencapai tujuannya, diamana pada dasarnya setiap usaha maupun bisnis memiliki tiga tujuan, yaitu :

1.      Dapat diterima di pasar / market

2.      Pelanggan menjadi puas / kepuasan pelanggan atau consumer

3.      Keuntungan bagi bisnis berupa laba / profit

 

Untuk teman-teman pembaca yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang materi yang disampaikan pada webminar bertemakan “Marketing Insight” dapat melihat sumber source video full nya dibawah ini :






 Terimakasih               

Micko Tubagas - 20190801086

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artikel Business Model Canvas - Micko Tubagas [20190801086]

  Business Model             Model bisnis merupakan gambar an pemikiran tentang bagaimana sebuah organisas i menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai - baik itu ekonomi, sosial, ataupun aspek  lainnya. model bisnis menjadi salah satu konsep paling menonjol di antara konsep-konsep manajemen lainnya. Hadirnya e-commerce membuat para praktisi bisnis mengubah total model bisnis lama menjadi model bisnis baru.               Penyebab utama kepopuleran model bisnis adalah karena banyak organisasi yang tumbuh pesat karena kemampuannya menciptakan model bisnis yang tepat, Model bisnis jelaskan mengenai bisnis Start –Up itu sendiri dengan tujuan, agar bisa membantu melakukan pertimbangan perubahan dan kemajuan bisnis secara professional   Penyebab gagalnya suatu bisinis model : ·          Ancaman lingku...

T2 Micko Tubagas - PBO

  NAMA            : MICKO TUBAGAS NIM                 : 20190801086   TUGAS 2 Program Berientasi Objek NO 1 untuk melihat klik gambar analisa saya pada nomor 1 adalah program nomor satu program sederhana tanpa menggunakan scanner  NO 2 untuk melihat klik gambar

WAKTU TERCEPAT - WAKTU TERLAMBAT JAVASCRIPT VSCODE

WAKTU TERCEPAT - WAKTU TERLAMBAT  JAVASCRIPT  VSCODE