Langsung ke konten utama

PITCH DECK - T11 MICKO TUBAGAS - 20190801086

Hallo teman-teman semua, Kembali lagi di blog Micko Tubagas, dimana blog ini membahas seputar ipembelajaran formal akademik maupun hal-hal menarik lainnya. Dipostingan kali ini kita akan membahas tentang materi kewirausahaan yang bertemakan “Pitch Deck”, apa sih Pitch Deck itu ? ok untuk mengetahuinya tidak usah berlama-lama lagi kita langsung saja masuk kedalam pembelajaran materinya.

 

PENGERTIAN

Pitch Deck biasanya didefinisikan ataupun diartikan sebagai presentasi singkat yang menggambarkan rencana bisnis dari sebuah bisnis atau starup. Biasanya Pitch Deck dianalogikan sebagai sebuah ‘senjata” yang digunakan seorang founder dari sebuah ide bisnis untuk menjamin kesuksesan implementasi ide tersebut menjadi sebuah riil bisnis atau startup.

 

TUJUAN

Pitch Deck, yakni digunakan untuk tujuan menginformasikan atau melempar sebuah ide bisnis kepada calon pengguna (customer), co-founder (mitra bisnis), mitra usaha atau pihak-pihak lain yang dianggap dapat membantu atau menunjang pengembangan dari sebuah ide bisnis, maka pitch deck dapat digunakan di setiap tahapan siklus bisnis atau startup.

 

MANFAAT

Pitch Deck memberikan beberapa manfaat penting, diabawah ini adalah manfaatnya :

1)      membantu Anda membuat dek /  pendanaan rencana bisnisnya

2)      membuat anda dinotice / dilirik / diperhatikan investor

3)      praktis , cepat, dan mudah dalam penyampaian rencana bisnisnya

4)      pembuatan pitch deck sangat murah jika anda berkompeten membuatnya sendiri

5)      membantu anda mengingat isi presentasi yang ingin anda presentasikan, karna strukture presentasi Pitch Deck sangat sederhana & mudah dipahami

 

UNSUR-UNSUR PITCH DECK

Unsur-unsur yang terdapat disebuh Pitch Deck adalah sebagai berikut :

1)      Cover, bagian ini mendefinisikan (mendeskripsikan) / menampilkan kesan pertama pada bisnis Anda

2)      Problem, Bagian ini menguraikan atau mengilustrasikan dengan jelas problem atau masalah yang ada

3)      Solution, bagian ini menjelaskan bagaimana solusi Anda membuat pelanggan Anda senang(puas) dan solusi menjadikan anda lebih baik dari pada yang lainya

4)      Market Size, Bagian ini menengahkan bahwa bisnis anda mempunyai market atau pasar (marketable). Dimana biasanya bagian ini berisi, Seberapa besar market anda? Seberapa menarik? Segmen market yang mana?

5)      Product, Bagian ini menjelaskan produk atau jasa yang di tawarkan secara singkat dan jelas.  Biasanya Dengan menunjukan keunikan point yang ingin dipasarkan

6)      Business Model, bagian ini menunjukan Bagaimana Anda memonetisasi bisnis dan menciptakan nilai jangka panjang Pelanggan

7)      Go to Market, bagian ini menJelaskan bagaimana perencanaan dari bisnis yang ditawarkan untuk mendapatkan perhatian pelanggan dan seperti apa proses penjualannya.

8)      Competition Position, bagian ini mejelaskan bagaimana kondisi persaingan yang dihadapi. dengan membuatkan peta persiangan yang ada (posisi, kekuatan, kelemahan, dan peluang yang mereka miliki).

9)      Traction, bagian ini berisi suatu pembuktian bahwa ide bisnis atau bisnis yang ditawarkan mempunyai nilai ekonomis atau potensial untuk dapat dikembangkan dengan baik. Biasanya berupa Prestasi, Keuangan dan Qouter Pelanggan

10)  Team, bagian ini menjelaskan mengapa Anda dan atau tim Anda adalah orang yang tepat dan kompeten untuk menjalankan ide bisnis yang anda rencanakan.

11)  Call for Action, bagian ini menyatakan apa yang dibutuhkan(tujuan utama) bisnis anda saat ini secara singkat namun jelas. Baik itu pertanyaan seberapa besar dana ? untuk apa ? maupun bagaimana kerjasamanya ?

12)  Close, bagian ini berisi simpulan tentang bisnis anda yang mengesankan, Nama dan logo starup Anda, Contact atau bagaimana mana cara menghubungi anda atau tim anda

 

TIPS & TRICK PENYUSUNAN PITCH DECK

Di bawah ini adalah beberapa tips & trik atau hal-hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan Pitch Deck :

1)      Buat Pitch Deck yang terdiri atas 10 – 15 slide

presentasi pitch deck harus singkat namun bisa memberikan gambaran yang jelas. Untuk itu, slide yang dipersiapkan pun tidak boleh terlalu panjang.

2)      Pahami Materi Pitch Deck dengan BAIK

Bagian ini digunakan untuk meyakinkan para inverstor karna, Mereka lebih ingin melihat bagaimana cara berpikir para founder dalam menemukan angka tersebut, dan bagaimana menghubungkannya dengan bisnis yang sedang dipresentasikan.

3)      Gunakan ukuran huruf yang mudah terbaca

sang investor. Mereka biasanya akan membaca sekilas untuk menghemat waktu, dan berusaha menangkap apa sebenarnya produk atau ide bisnis yang akan dikembangkan oleh karna itu Gunakan ukuran huruf yang mudah terbaca.

4)      Hindari penggunaan kata-kata yang rumit dan bertele-tele

langkah ini dilakukan agar sang investor bisa mudah memahami produk yang tengah dipresetasikan.

5)      Pelajari pitch deck dari perusahaan lain

Bagi founder yang baru pertama kali mendirikan startup, ada baiknya untuk mempelajari Pitch Deck yang buatan perusahaan lain, dan sukses mengantarkan pembuatnya mendapatkan pendanaan besar

 

Apakah teman-teman sudah mengerti apa itu Pitch Deck ? saya harapkan teman-teman sudah mengerti, namun jika ada teman-teman yang masih mempunyai pertanyaan seputar materi Pitch Deck ini, maka teman-teman dapat menuliskannya atau memberikan tanggapanya dikolom komentar. mungkin untuk postingan blog kali ini saya cukupkan dan untuk closingan materi penyampaian blog kali ini saya lampirkan gambar dibawah ini sebagai contoh bentuk presentasi Pitch Deck :






 Terimakasih               

Micko Tubagas - 20190801086

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artikel Business Model Canvas - Micko Tubagas [20190801086]

  Business Model             Model bisnis merupakan gambar an pemikiran tentang bagaimana sebuah organisas i menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai - baik itu ekonomi, sosial, ataupun aspek  lainnya. model bisnis menjadi salah satu konsep paling menonjol di antara konsep-konsep manajemen lainnya. Hadirnya e-commerce membuat para praktisi bisnis mengubah total model bisnis lama menjadi model bisnis baru.               Penyebab utama kepopuleran model bisnis adalah karena banyak organisasi yang tumbuh pesat karena kemampuannya menciptakan model bisnis yang tepat, Model bisnis jelaskan mengenai bisnis Start –Up itu sendiri dengan tujuan, agar bisa membantu melakukan pertimbangan perubahan dan kemajuan bisnis secara professional   Penyebab gagalnya suatu bisinis model : ·          Ancaman lingku...

T2 Micko Tubagas - PBO

  NAMA            : MICKO TUBAGAS NIM                 : 20190801086   TUGAS 2 Program Berientasi Objek NO 1 untuk melihat klik gambar analisa saya pada nomor 1 adalah program nomor satu program sederhana tanpa menggunakan scanner  NO 2 untuk melihat klik gambar

WAKTU TERCEPAT - WAKTU TERLAMBAT JAVASCRIPT VSCODE

WAKTU TERCEPAT - WAKTU TERLAMBAT  JAVASCRIPT  VSCODE